Kamis, 13 Januari 2011

Wasiat Hasan Al-Bana

Bismillah...

Hasan Al-Bana adalah salah seorang pendiri gerakan Ikwanul Muslimin di Mesir. Hasan Al-Bana mendirikan gerakan Ikhwanul Muslimin pada tahun 1928 dengan sekelompok kecil orang yang ingin menyingkirkan kontrol Inggris atas Mesir dan membersihkan semua pengaruh Barat dinegerinya dengan alasan kolonialisme telah merampok Identitas Muslim bangsa mereka.

Gerakan Ikhwanul Muslimin terus diarahkan pada kemajuan sejarah - ide bahwa negara-negara Muslim harus mengejar ketertinggalan terhadap Barat, tetapi melakukannya tanpa kehilangan identitas Islamnya. Mereka mengajak umat Islam ke era keemasan di abad ke-7, dan mereka mendukung kembalinya Islam dalam kehidupan modern. (sumber: www.eramuslim.com)

Nah, itulah sekilas keterangan tentang Hasan Al-Bana dan gerakan Ikhwanul Muslimin yang melegenda dikalangan umat muslim hingga saat ini. Pemikiran-pemikiran Hasan Al-Bana yang cemerlang pun sampai saat ini masih diteladani dan diterapkan oleh banyak gerakan-gerakan Islam di dunia.

Ada beberapa wasiat terkenal dari Hasan Al-Bana yang pernah beliau kemukakan bagi umat muslim sedunia sebelum beliau menghirup nafas terakhir dan berpisah dari permukaan bumi. Wasiat apa itu? Mari kita simak lekat-lekat wasiat yang pernah beliau utarakan bagi umat Islam sedunia... :)

WASIAT HASAN AL-BANA

Bacalah, renungkan, dan amalkan:

* Dalam kondisi bagaimanapun, segera dirikanlah shalat ketika mendengar adzan.

* Baca atau dengarlah Al-Qur'an dan ingatlah Allah.

* Jangan kau habiskan waktumu pada hal-hal yang tak berguna.

* Berusahalah untuk bisa berbicara dengan bahasa Arab secara fushhah (baik), sebab ia termasuk dari pembelajaran Islam.

* Jangan banyak berdebat dalam setiap urusan bagaimanapun bentuknya, sebab pamer kepandaian dan riya' itu tidak mendatangkan kebaikan sedikitpun.

* Jangan banyak tertawa, karena hati yang selalu berinteraksi dengan Allah adalah hati yang tenang dan khusyu'.

* Jangan terlalu banyak bergurau, karena umat yang gigih berjuang tidak mengenal selain kesungguhan.

* Jangan mengeraskan suara melebihi yang dibutuhkan oleh pendengar, sebab itu merupakan kecerobohan dan menyakitkan orang lain.

* Jauhi dari menggibah orang (bergosip) dan menjelek-jelekkan kelompok atau organisasi, dan jangan membicarakan selain kebaikan saja.

* Kenalkan dirimu kepada saudara-saudaramu seiman dan seperjuangan, walaupun engkau tidak diminta, sebab azas dakwah kita adalah mahabbah (kecintaan) dan saling mengenal.

* Ketahuilah, bahwa kewajiban itu lebih banyak daripada waktu yang terluang, maka bantulah saudaramu untuk menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Dan jika engkau punya tugas, selesaikanlah segera!

Subhanallah... Inilah wasiat Hasan Al-Bana untuk generasi selanjutnya, maka kewajiban kitalah para generasi umat Islam berikutnya untuk mulai merenungi dan mengamalkan beberapa wasiat Hasan Al-Bana yang mengandung kebenaran dan kemaslahatan bagi Umat Islam di dunia.

*****

Ya Allah...
Terimalah amal ibadah beliau dan semangat perjuangan beliau dalam menegakkan syari'at-Mu semasa hidup beliau. Berikanlah beliau sebaik-baik tempat disisi-Mu, Aamiiin.

Ya Allah...
Bimbinglah kami umat Islam ini untuk selalu menggingat Mu dalam keadaan dan kondisi apa pun, baik sedih maupun bahagia. Ingatkan kami akan kelalaian yang telah kami lakukan selama ini dalam menjalankan perintah-Mu dan menjauhi larangan-Mu. Satukan hati kami dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah dan kokohkan kami dalam cinta-Mu yang tak bertepi, Aamiiin.


Bukittinggi, 13/1/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar