Senin, 28 Februari 2011

Dream Book

Bismillah...

Teman... Pernahkah kamu mendengar tentang istilah "Dream Book"?

Dream Book adalah sebuah buku yang kita gunakan untuk membuat rencana masa depan dengan menuliskan hal-hal yang kita inginkan untuk diwujudkan dan kita cita-citakan dalam mengarungi kehidupan ini.

Tak hanya sekedar menuliskan, kamu juga bisa menambahkan beberapa gambar ke dalam sebuah Dream Book agar lebih menarik dan membantumu untuk memvisualisasikan apa yang telah kamu cita-citakan. Misalnya jika kamu memiliki niat/ keinginan untuk naik haji maka tuliskanlah di sebuah Dream Book dan tempelkanlah gambar Makkah Al-Mukkaramah di dalamnya. Atau jika suatu saat kamu ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah, panorama alam yang wonderful, arena-arena pertunjukan yang menarik, dsb... Cobalah menuliskannya disebuah Dream Book.

Di awal-awal masa kuliah saya pernah diberitahu oleh beberapa teman dan para pembicara akan pentingnya memiliki sebuah Dream Book. Tanpa berfikir panjang saya langsung mencoba membuat sebuah Dream Book. Mungkin pada awalnya apa yang saya tuliskan dalam sebuah Dream Book dan gambar-gambar yang saya koleksi di dalamnya jauh dari kemampuan saya sebelumnya, namun lambat laun impian-impian itu mulai terwujud satu demi satu dengan ikhtiar/usaha yang maksimal tentunya dan yang paling penting... Tentu saja ditambah dengan kekuatan Do'a.

Seperti perkataan Hasan Al Banna bahwa: "KENYATAAN HARI INI ADALAH MIMPI KEMARIN, DAN MIMPI HARI INI ADALAH KENYATAAN ESOK HARI"
Setujukan teman-teman... :)

Teman ada pembahasan menarik ni... dari Ustadz Solikhin Abu Izzudin dalam bukunya yang berjudul "Zero To Hero" dengan sebuah topik, "BERCITA-CITALAH". Mari kita simak...

* Mungkin Anda bertanya mengapa harus bermimpi sih? Memang, mimpi itu kembang tidur dan bukankah kita harus realistis?

Begini para pembaca budiman, memang mimpi bisa jadi hanya sebuah mimpi. Namun ada sebuah hikmah "Bermimpilah sebelum kamu menjadi pemimpin." Serta "Belajarlah sebelum engkau menjadi pemimpin."

Ternyata banyak orang-orang besar, pemimpin besar yang berangkat dari seorang pemimpi. Jadilah pemimpi besar untuk menjadi pemimpin besar. Dalam sebuah majelis, ada seorang syaikh yang mengatakan, "Laa budda lil qaa-idi an yakuuna lahu ahlam, wa illa la yashluh an yakuuna qaa-idan... Seorang pemimpin harus mempunyai banyak mimpi, jika tidak dia tidak layak menjadi pemimpin."

Memang kenyataannya, kita akan kehabisan stok pemimpin kalau tak ada lagi orang yang berani bermimpi dan bercita-cita besar. Nah, bila untuk bermimpi saja tidak berani, bagaimana ia berani memimpin?

Karena menjadi pemimpin berarti menjadi orang cerdas. Yakni berani berpikir mendahului masanya, meski kadang orang lain belum bisa memahaminya. Ia juga obsesif. Memiliki pikiran dan gagasan besar di luar apa yang dipikirkan orang lain. Seperti yang dilakukan Nabi Khidr, hal-hal yang belum dipahami dan dimengerti oleh Nabi Musa.

FILOSOFI CITA-CITA

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa "Keluhuran cita-cita adalah bagian dari keimanan." Karena itu bermimpilah dan bercita-citalah setinggi bintang (namun letakkan kerendahan hati didasar lautan...). Cita-cita besar adalah tanda kehidupan jiwa, indikasi sukses orang-orang besar, pintu terbuka, berpikir dan berjiwa besar.

~ Cita-Cita Besar Itu Ibarat Dinamo.

Cita-cita besar itu ibarat dinamo yang menggerakkan arus positif dan arus negatif yang mengontrol tubuh Anda. Cita-cita besar itu ibarat bahan bakar. Memacu kendaraan untuk maju, melesatkan kereta dengan cepat.

~ Cita-Cita Besar Itu Adalah Pintu.

Pintu kebahagiaan. Pintu kesuksesan. Pintu kesempurnaan. "Dan katakanlah: "Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong." (QS. Al-Isra' : 80)

~ Cita-Cita Besar Itu Merupakan obat.

Obat penghilang kelemahan. Penghilang kemalasan. Pengilang kesedihan.

~ Cita-cita Yang Baik Ciri Kemuliaan

Orang mulia adalah orang yang memiliki cita-cita. Karena cita-cita akan membangun pendirian yang kokoh, tidak gentar menghadapi masalah, dan tetap tegar menghadapi ujian. Diantara manifestasi cita-cita nan mulia adalah membangun keluhuran jiwa dan menjauhkan diri dari posisi tertuduh.

Nah, teman itulah sekilas info tentang pentingnya memiliki cita-cita/ impian. Semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat lebih bagi kita bersama, Aamiiin... :)

Subhanallah...
All Praises To Allah...

HAMASAH...


Bukittinggi, 28/2/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar