Selasa, 15 Februari 2011

Forgive, Yes, Forgive

Bismillah...

Teman... Ada masa dimana suatu saat kamu akan menjumpai sebuah situasi yang membuat mu berjuang untuk berdamai dengan diri sendiri. Tentunya ada banyak hal yang menyebabkan situasi itu terjadi, misalnya saja jika suatu ketika kamu berbenturan dengan pribadi yang berbeda dengan karaktermu, dengan hal-hal prinsipil yang telah kamu bangun sejak lama dan telah menjadi bagian dari dirimu, cita-cita yang masih terendap dan belum terealisasi dengan baik, dsb.

Terkadang lebih mudah menyelesaikan problem dengan orang disekitar kita, dibandingkan menyelesaikan problem dengan diri sendiri. Sebagaimana ungkapan yang pernah saya dengar dari salah seorang pembicara terkenal bernama Doug Wead, ia adalah mantan asisten khusus presiden George Bush di Gedung Putih. Pada saat itu saya berkesempatan bertemu dengan Mr. Doug Wead dalam sebuah Leadership seminar di Istora Senayan, Jakarta. Pada waktu itu ada satu ungkapan yang beliau utarakan dan cukup mengena bagi saya, beliau berkata bahwa: "The Problem Is Not The Problem, But The Problem Is You" yang artinya: " Masalah bukanlah masalah, namun masalahnya adalah kamu". Sejak mendengar ungkapan ini saya mulai menyetujuinya. Apa pun problem yang kita hadapi, kita lah yang bertanggung jawab untuk mencari solusi dan menyelesaikannya. Setujukan teman-teman?

Namun, sayangnya saat ini justru banyak orang yang hanya bisa membeberkan masalah dan hanya sedikit orang yang berusaha mencari solusi serta penyelesaian dari kendala yang dihadapinya. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang selalu berusaha mencari solusi dan penyelesaian dari kendala yang dihadapi, Aamiiin.

Teman... Saya jadi ingat beberapa ayat yang terdapat dalam Al-Qur'anul Karim yang berhubungan dengan pembahasan ini. Firman Allah, antara lain :

* Surat Asy-Syura (42): 36-43

36. Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal.

37. Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf.

~ Kewajiban Bermusyawarah Tentang Masalah Keduniaan

38. Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

~ Bersabar Dan Memberi Maaf Lebih Baik Daripada Mengambil Pembalasan

39. Dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri.

40. Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggunggan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

41. Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya tidak ada satu dosapun terhadap mereka.

42. Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.

43. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan (mulia).

Semoga firman Allah yang termaktup dalam Al-Qur'anul karim ini bisa menjadi pedoman, pegangan, dan panutan bagi kita untuk selalu bersabar pada segala kondisi, belajar memaafkan serta berdamai dengan diri sendiri dan bersyukur atas segala nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada kita, Aamiiin... :)

***

¤Wisdom Of The Day¤

Face Your Problem And Your Problem Will Far Away From You. (Jim Dornan)

Subhanallah...
Walhamdulillah...
Wallaa illaaha illaallaah...
Wallahu akbar...

HAMASAH...
SEMANGAT...

*****


Selamat memperingati Maulid Baginda Nabi Muhammad SAW, Saudaraku Seiman & Seislam... (yang bertepatan pada tanggal 12 Rabiul Awal 1432 H)

Saudara-saudaraku... Mohon Maaf Lahir & Bathin ya...

PEACE... \(^_^)/ \/


Bukittinggi, 15/2/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar