Minggu, 06 Februari 2011

Proses Belajar

Bismillah...

Teman...mau tau nggak bagaimana cara kerja otak kita ketika mulai mempelajari hal-hal baru? Saya ingin berbagi ilmu dengan teman-teman dari sebuah film dokumenter yang membahas tentang cara kerja otak kita ketika mulai mempelajari hal-hal baru, Check it Out...

Otak kita memiliki ratusan milyar neuron atau sel-sel otak yang saling berhubungan.

Belajar adalah mencipta dan memperkuat jalan dari impuls-impuls listrik menumpuh neuron-neuron di otak kita. Namun diantara dan tiap hubungan di otak kita ada celah kecil yang disebut Sinaps. Setiap kita yang mau belajar hal baru, sinyal listrik itu harus melompati celah ini untuk melanjutkan perjalanannya.

Celah antara kedua sel otak itu amat kecil. Namun itu tak berarti bahwa sinyal langsung jalan dari satu sisi ke sisi lain.

Bagi kita ini seperti menyeberangi jurang dalam. Dan menempuh dari satu sisi ke sisi lain dapat menunjukkan sesuatu tentang cara kita belajar.

Pertama kali sinyal menyeberang dari satu sel otak ke sel lain menuntut upaya keras. Dan sama halnya ketika kita menyeberangi jurang kita.

Perjalanan pertama menyeberang tidaklah mudah. Setelah sekali menyeberangi jurang, perjalanan menyeberang kian lama kian mudah. Dan hal serupa terjadi ketika kita mempelajari sesuatu. Memulai belajar memang tidaklah mudah. Namun begitu sinyal terus menerus menyeberangi celah sel-sel otak kita membentuk jalanan yang lebih solid. Begitu kita menyeberang terus menerus, usahanya kian tak berarti. Kita dapat melakukannya kapan pun kita mau. Kita akhirnya mempelajari sesuatu.

Subhanallah...
All Praises To Allah...

HAMASAH...

Sumber: film dokumenter yang diawalnya diperoleh dari Ustadz Salim A. Fillah

*****

Subhanallah...
Walhadulillah...
Wala illa ha illallah... Wallahu akbar...

Be Brave and Try New Things... :)

SEMANGAT...


Bukittinggi, 6/2/2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar